Minggu, 26 Desember 2010

IQRA yang sesungguhnya

Arti kata 'IQRA' dan 'UTLU' dalam quran itu sama sama Bacalah! Keduanya sama-sama kata perintah untuk membaca.

Tetapi di Qur'an tidak ada penggunaan sinonim. Jika pada satu ayat Allah menggunakan kata yang berbeda dengan kata pada ayat lain, maka maksudnya pasti berbeda.

Maksud kata UTLU adalah membaca dengan berbagai cara berbagai sumber yang telah jelas kebenarannya.

Sedangkan maksud kata IQRA adalah membaca dengan berbagai cara berbagai sumber tanpa mempedulikan kebenarannya.

Jika seorang anak sedari kecil dibiasakan untuk membaca yang sebenar-benarnya membaca, maka kecepatan belajarnya akan meningkat pesat.

Apa itu membaca yang sebenarnya membaca? Yaitu kemampuan menelaah berbagai sinyal yang diterima otak melalui setiap inderanya.

Membaca deretan huruf adalah kemampuan menelaah sinyal berupa gambar huruf yang diterima otak melalui indera matanya. Hasil awalnya adalah terbacanya deretan huruf tadi sebagai sebuah informasi.

Karena indera yang dimiliki manusia ada banyak, maka seharusnya seorang anak dilatih pula menelaah sinyal yang ditangkap dari indera selain matanya, baik telinga, kulit, lidah, hidung, pituitary, dan syaraf-syaraf perasa lainnya yang belum teridentifikasi hingga seluruh sinyal tersebut dapat diolah menjadi informasi.

Jadi IQRA yang sesungguhnya adalah mendapatkan informasi dari penggunaan seluruh indera yang dapat dipergunakan, tanpa berusaha membuat penilaian akan kebenaran sumber informasinya. Simpelnya, lempeng aja jangan dulu menilai.

Salah satu ilmu paling dasar yang diajarkan di Prodigy adalah membaca. Bukan hanya sekedar membaca deretan huruf seperti yang diajarkan di sekolah umum, tapi juga membaca yang sebenarnya membaca. Ilmu ini tetap ada di kurikulum yang dipakai Prodigy walaupun usia murid sudah mencapai dewasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

The Best Payment Processor.

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.