Minggu, 28 Agustus 2011

Perbedaan itu Fitrah

Mari kita perhatikan beberapa fenomena yang saya ulas berikut,

Pada dasarnya, atau pada keadaan standar, atau pada fitrahnya, segala yang ada di alam ini merupakan campuran.

//-----------------------------------------------//
Setiap orang berbeda, DNAnya berbeda, retina matanya tidak ada yang sama, sidik jari, dan juga perilakunya.

Coba bayangkan jika ada beberapa puluh orang dari daerah dan ras yang berbeda dikumpulkan di satu tempat lalu diberi makanan yang sama, pasti akan muncul reaksi yang berbeda-beda. Ada yang sangat suka, ada yang kurang suka dan ada yang tidak suka sama sekali.


//-----------------------------------------------//
Udara yang kita hirup adalah campuran dari beberapa unsur gas, 78% nitrogen, 21% oksigen, 1% uap air, karbon dioksida, dan gas-gas lain.

Coba bayangkan seandainya dalam satu ruangan berhasil dimurnikan kandungan udaranya dan hanya terdiri dari oksigen saja. Pasti akan terasa sangat segar bernafas dalam ruangan tersebut. Tapi jika ada satu saja percikan api (dari korek api misalnya), maka seluruh ruangan itu akan meledak.

//-----------------------------------------------//
Tanah jika dibiarkan saja, maka dalam jangka waktu tertentu akan ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan. Jika terus dibiarkan bisa berubah menjadi hutan.

Coba bayangkan jika tanah di suatu daerah yang luas diatur sehingga hanya ditumbuhi satu jenis tanaman saja (persawahan misalnya), tidak lama kemudian akan muncul hama dalam jumlah besar.

//-----------------------------------------------//
Manusia saat ini diperintahkan menikah dengan orang yang tidak mempunyai hubungan darah yang dekat. Jadi menikah itu dengan orang lain yang di luar keluarga, bukan dengan keluarga dekat sendiri. Berarti ada pola percampuran di sini.

Masih ingat apa yang terjadi dinasti Fir'aun dan keluarga bangsawan Inggris di masa lalu? Saat mereka menginginkan garis keturunan yang murni dengan cara pernikahan yang terbatas hanya di kalangan keluarga dekat?

Munculnya penyakit kelainan DNA yang disebut haemophilia yang menyebabkan penderitanya terus-menerus berdarah jika terluka. Dinasti Fir'aun akhirnya habis karena penyakit ini, sedangkan bangsawan Inggris segera menyadari kesalahan ini. Saat ini ada peraturan untuk bangsawan Inggris untuk harus menikah dengan orang yang berasal dari luar keluarga bangsawan. Hal ini karena mereka menyadari bahwa rata-rata setiap anggota keluarga bangsawan mempunyai genetik pembawa haemophilia ini.


//-----------------------------------------------//
Tubuh manusia juga merupakan campuran. Begitu pula dengan makhluk hidup yang ada di bumi. Masing-masing anggotanya mempunyai fungsi dan karakteristik yang berbeda.

//-----------------------------------------------//
Tetapi ada juga yang homogen di alam. Misalnya intan. Intan terbentuk dari bebatuan (masih campuran) yang mengandung karbon yang mengalami tekanan dan panas yang tinggi selama jutaan tahun hingga terbentuk menjadi intan yang homogen terdiri dari karbon saja.

//-----------------------------------------------//

Kita dalam hidup sehari-hari di masyarakat juga menghadapi orang dari berbagai kalangan, berbagai usia dengan berbagai karakter dan selera. Kita harus belajar bagaimana bersikap dan berperilaku pada setiap kalangan yang berbeda.

Lantas.....

Mengapa kita didik anak kita sedari kecil, setidaknya 6 jam sehari, 5 hari seminggu, selama setidaknya 15 tahun, untuk bergaul dan berkelompok dengan yang sebaya saja?

Tidakkah disadari bahwa bersosialisasi dengan yang sebaya saja itu salah satu bentuk membuat jadi homogen?

By Sandi Nugroho

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

The Best Payment Processor.

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.